Selamat Datang di Web Blog MTs Negeri 1 Lombok Barat Nusa Tenggara Barat

Blog Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lombok Barat

Selasa, 25 April 2017

MTsN 1 Lombok Barat Gelar Workshop Seni Teater dengan Mendatangkan Tim Teater Putih Universitas Mataram

Kuripan_MTsN 1 Lombok Barat mengadakan kegiatan workshop keTEATERan dengan mendatangkan Tim Teater Putih Universitas Mataram (UNRAM) Senin (24/4/2017) kemarin. 

Workshop ini diikuti oleh anggota komunitas TEATER KAHURIPAN MTsN 1 Lombok Barat yang baru-baru dibentuk beranggotakan 25 orang siswa terseleksi dari kelas VII dan VIII dengan pembina Drs. Arnasih salah seorang guru senior Bahasa Indonesia di MTsN 1 Lombok Barat. 

Dibentuknya komunitas teater Kahuripan MTsN 1 Lombok Barat ditujukan sebagai wahana untuk menyalurkan bakat siswa dalam bidang seni teater yang siap tampil pada event pertunjukan tingkat pelajar maupun tingkat lainnya. 

Materi workshop sebagaimana yang dipaparkan oleh tim Teater Putih Unram terdiri dari pengenalan dasar tentang teater, keprotokolan dan gerakan pantomim. "Kami perkenalkan tentang dasar seni teater, keprotokolan baru sedikit kami ajarkan bagaimana gerakan pantomim " ungkap salah seorang tim Teater Putih Unram yang tidak disebutkan namanya. 

"Kalau sudah memahami dasar keTEATERan baru kami lanjutkan kepada bagaimana mengolah suara, mimik, gerakan yang akan diperagakan dalam pertunjukan teater sesuai watak yang diperankan " lanjutnya. 

Dengan kegiatan semacam workshop ini sangat menambah pengetahuan dan pengalaman yang didapatkan oleh siswa yang masuk dalam anggota komunitas teater kahuripan MTsN 1 Lombok Barat walaupun baru dibentuk sebagai ekstrakurikuler madrasah namun menarik perhatian dan semangat bagi siswa seperti diungkapkan oleh Diana Yusuf" saya sangat senang dan tertarik sekali dan lucu banget ketika peragakan pantomim " ujarnya. 

Sementara Kepala MTsN 1 Lombok Barat Sahimi sangat mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan workshop teater ini yang diprakarsai bersama wakasek Kesiswaan Ahmad Zaini beserta guru-guru Bahasa Indonesia, disamping itu juga ia mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada tim Teater Putih Universitas Mataram yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk memperkenalkan keTEATERan kepada siswa MTsN 1 Lombok Barat. 

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa terbentuknya komunitas Teater yang diberi nama Teater Kahuripan yang baru-baru dibentuk ini diambil dari history atau sejarah kerajaan Kuripan masa lampau "Diberi nama Komunitas Teater Kahuripan MTsN 1 Lombok Barat ini terinspirasi dari sejarah masa kejayaan kerajaan Kuripan" jelasnya. 

Beliau menaruh harapan setelah kegiatan workshop ini pembina yang telah diamanatkan untuk bisa langsung membina anggota teater dengan berkoordinasi dan menjalin kerjasama dengan komunitas-komunitas teater selain Teater Putih Unram. (Lan)

Back To Top